Konsep Ksatria

..dibutuhkan banyak manusia dengan jiwa Ksatria, pria wanita atau waria, di dunia..

My Photo
Name:
Location: Jakarte Puset, DKI Warkop, Indonesia

Tuesday, April 06, 2010

Regenerasi korupsi


Regenerasi korupsi

Padahal udah lama didengungkan kampanye berantas korupsi, pas jaman reformasi istilah KKN udah familiar di telinga orang Indonesia. Tapi apa hasilnya, sampe skarang korupsi masih subur. Ga tau kadarnya udah melemah atau sama aja dengan era-era sebelumnya. Anak muda pun ikut-ikutan melestarikan korupsi alias nilep uang negara masuk ke kantong pribadi.Gayus Tambunan/GT seperti pengakuannya cuma sample kecil, kecil sekali. Pemain lainnya masih banyak dan bisa jadi teman-teman seangkatannya pun pemain serupa, cuma masih beruntung dilindungi Yang Maha Kuasa, mungkin mereka nilep trus sekian persen disedekahin ke badan amal, buat nyimbangin dosa dengan pahala. Itu ga salah, ada sisi benarnya. Yang masalah adalah kenapa budaya nilep uang negara ini makin lestari di jaman 'Ga Bayar Pajak, Apa kata dunia'. Kalo diliat dari proses penangkapannya GT, dia bersikap koperatif dan cenderung akan membantu mengungkap semuanya ke polisi. Biasanya kan kalo ditangkep adalah sedikit perlawanan atau jaim ga ngaku.

Dengan sikap kayak gitu ada kemungkinan GT punya hati untuk menegakkan kebenaran, artinya dia masih ada rasa tanggung jawab atas kesalahannya. Dan kesalahannya itu dia berani pertanggungjawabkan karena pasti ada orang yang lebih harus bertanggung jawab. Orang itu ada di sekitar GT, mulai dari pengacara mata ijo, polisi kolor ijo, hakim ga pake kolor. Mereka bisa dibilang sutrodoro merangkap aktor. Tapi orang-orang ini hanya berbuat pas kasus tertentu aja dan kenapa meraka berani, karena hal kayak gitu udah lumrah dan kalo ga ngelakuin bisa dicap sok suci sama lingkungan sekitar kerjanya. Jadi yang bisa nyelamatin cuma prinsip yang kuat dan teguh, dan berani jadi pelapor atau whistleblower.

Asumsikan GT adalah orang pada umumnya saat mulai kerja di lingkungan pajak. Mau ga mau ia pasti manut pada atasan. Minimal jadi Yes Man, karir dijamin aman. Suatu waktu ketika mulai dikenalkan dengan cara cepat kaya. Orang yang mengarahkan dan mensupport ga lain ya atasan dan lingkungan kerjanya. Kalo udah ada budaya kantor kayak gitu, mau ngelak dan ga ikut nilep pasti susah, cuma kalopun bisa ngelak, jadi aneh sendiri atau kabur ke kantor/perusahaan lain. Posisi orang sejenis GT pasti membaur dalam budaya, dan larut merasakan kesenangan dari nilep dengan mengabaikan prinsip-prinsip agama yang dia pegang.

Apa yang terjadi adalah sebuah regenerasi korupsi, dari genereasi tua kepada anak-anak muda. Semacam ini tidak cuma di kantor pajak, di tempat lain masih banyak terjadi, cuma belum ketauan aja. Siapa yang meneruskan regenerasi ? Dia yang sukses nilep ga ketangkep. Dia udah lihai, skill interpersonal yang tinggi, jiwa entertain tingkat tinggi, dan yang pasti punya rasionalitas sempit, kalo kerja di pajak ga kaya-raya namanya goblok, itu isi otaknya. Bahkan orang pajak yang jujur ngaku tapi ga ketangkep pun punya ide logis yang miris seperti ini, masa' ayam di lumbung padi mati kelaperan, minimal gemuk laah. Maknanya mudah diartikan.

Solusi, ini cuma solusi ngasal aja, kuncinya rekrutasi dan remunerasi. Rekrutasi harus diperketat. Orang yang dipilih untuk masuk di lingkungan pajak harus bener2 berprinsip kuat, kalo memang orang beragama itu berprinsip kuat, pilih orang-orang yang paling kuat agamanya, karena biasanya orang beragama kuat ga berorientasi uang/harta, dia berambisi mengumpulkan prestasi menjalankan amanah Tuhan, jangan pilih orang dengan tingkat toleransi tinggi, etos kerja bisa buyar nanti. Remunerasi, disamakan dengan departemen lain, ga perlu lagi ditambah, karena udah terbukti diremunerasi tingi-tinggi kalo udah mental rakus pasti tetep aja nilep.

Solusi umum, tangkap pelaku nilep, baik yang masih aktif maupun yang udah retire. Maksudnya biar ada shocked terapi buat yang calon nileper. Hukum dengan proporsional, masa' mo biarin nunggu dihukum di neraka. Kalo nunggu biarin hukum di akhirat, orang-orang di bumi ga bisa ngeliat hukumannya kayak gimana, dan bisa2 makin banyak yang ngikut ospek di neraka.

Sekian, piSS for nation.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home