Konsep Ksatria

..dibutuhkan banyak manusia dengan jiwa Ksatria, pria wanita atau waria, di dunia..

My Photo
Name:
Location: Jakarte Puset, DKI Warkop, Indonesia

Wednesday, November 29, 2006

Paus John Paul II : ..universal call to holiness..


Pada 1981 Paus John Paul (PJP) II ditembak oleh seorang Turki , sempat kritis dan kemudian PJP II selamat. Dan pada 1983 ia mengunjungi si penembak yang sedang di penjara, melakukan dialog dan memberikan maaf. Sungguh bukan hal yang biasa dilakukan manusia. Dia membina hubungan baik dengan orang yang membencinya atau bahkan yang seharusnya dibencinya.

PJP II telah menjalankan pola seorang ksatria, memberi aura kebaikan kepada musuhnya (si penembak). Saya yakin yang dia lakukan adalah untuk mempengaruhi aura permusuhan yang ada di jiwa si penembak menjadi aura kasih. Dengan demikian si penembak akan berbalik menjadi penyebar kasih kepada lingkungannya.

Beliau telah melakukan banyak hal di dunia ini, kalau mau ditelusuri digoogle. Aspek hidup yang beliau perhatikan sangat luas mulai dari kesenian ekonomi bahkan toleransi antar umat beragama.

Sungguh pola prilaku seperti Beliau sudah dianggap tidak lazim dan mungkin aneh oleh kebanyakan orang jaman sekarang. Why? Kebanyakan orang menganggap sifat balas dendam, iri dengki, sakit hati, permusuhan, adalah sifat alami dan logis manusia. Padahal kalau dipikirkan lebih dalam sifat itu adalah sifat manusia dengan kesadaran hidup yang rendah. Dan jika dibiarkan dan dikembangkan justru akan menghancurkan ras manusia itu sendiri.

Mari kita latih diri untuk mengurangi sifat buruk dengan menghadapi masalah langsung serta selalu mencari solusi sifat yang bijaksana bagi nilai diri kita. Itu tidak akan berubah selama 1 tahun, kita perlu waktu panjang untuk menjadi jiwa ksatria yang suci. Berpikir yang terbaik, berkata yang terbaik, berbuat yang terbaik, dan berdoalah yang terbaik.

3 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Marilah belajar memaafkan dengan keiklasan.

8:12 PM  
Blogger wire said...

nah, itu tantangan yg harus kita hadapi smg manusia

12:10 AM  
Blogger wire said...

wah,
gmn ya cara ngaktifin blog ini lagi..
lupa user n PW

10:28 AM  

Post a Comment

<< Home